Pengertian Hutan Musim Iklim Tropis dan Ciri-Cirinya

Hutan Musim Iklim Tropis 

Hutan musim iklim tropis adalah jenis hutan yang terdapat di wilayah yang mempunyai pola musim hujan dan musim kemarau yang jelas. Hutan musim iklim tropis juga merupakan suatu bioma hutan yang terdapat di kawasan tropis iklim monsoon (kemarau dan hujan) dengan spesies tumbuhan yang sama.


Hutan ini terletak pada garis 23 derajat-30" LS. Wilayah persebaran hutan ini antara lain, sebagian kawasan Asia tenggara seperti, sebagian wilayah Indonesia, Kamboja, Myanmar, Dan Thailand.

Di Indonesia, Hutan ini tersebar dalam dua kawasan yaitu kawasan Indonesia barat dan kawasan Indonesia timur. Di kawasan Indonesia barat hutan ini tersebar di Jawa, Madura, Kangean, dll. Sedangkan di kawasan Indonesia timur Hutan ini terletak di daerah Sumbawa, Timor,  Wetar dan daerah lainnya di Indonesia timur.

Kedua kawasan tersebut tentu memiliki ciri dan perbedaan tersendiri dengan kawasan lainnya. Seperti jenis-jenis tumbuhan, ketinggian, hingga curah hujan.

Baca juga: Pengertian Hutan Musim Iklim Sedang dan Jenis Hutan yang Berada di Daerah Iklim Sedang

Ciri-ciri Hutan Musim Iklim Tropis
  1. Terletak pada ketinggian 0-800 meter di atas permukaan laut. Selain itu, hutan ini juga bisa di jumpai pada ketinggian 1000 m dpl.
  2. Beriklim musiman, jumlah penguapan biasanya melebihi banyaknya curah hujan.
  3. Curah hujan di hutan ini kurang dari 1500 mm/tahun. Tetapi, ketika musim kemarau, jumlah curah hujannya kurang dari 60 mm/tahun.
  4. Terdapat pohon-pohon yang tingginya di bawah 25 m, dan biasanya bercabang di bagian bawahnya.
  5. Jumlah spesies pohon di hutan musim ini sedikit.
  6. Jarang dijumpai anakan pohon.
  7. Tidak terdapat pohon kapur, paku pohon, dan paku payung/pakis kurung.
  8. Sering dijumpai tumbuhan jenis bambu, dan juga tumbuhan rumput di bagian lantai hutan.
  9. Di daerah Sumbawa, pohon berjenis tanggulun/katos, lanji/walikuku, dan kesambi merupakan jenis tumbuhan yang umumnya sering dijumpai.
  10. Di Timor dan Wetar, dapat dijumpai hutan kayu merah pada dataran rendah.
  11. Di Jawa, Madura, dan Kangean terdapat formasi hutan jati.
  12. Selalu menggugurkan daun-daunnya ketika musim kemarau, hal ini dilakukan agar mengurangi penguapan yang terjadi selama musim kemarau.
  13. Hutan Musim Iklim Tropis merupakan jenis hutan homogen. Dikatakan demikian karena di hutan ini biasanya hanya ditumbuhi oleh satu jenis pohon 
  14. Memiliki nama sesuai dengan jenis pohon yang ada. Contohnya hutan jati.
  15. Memiliki musim hujan dan musim kemarau yang jelas.
Hutan Musim Iklim Tropis yang Selalu Hijau

Sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa hutan musim iklim tropis memiliki iklim musiman yang jelas yaitu, musim hujan dan musim kemarau. Kedua musim tersebut memberi pengaruh terhadap perkembangan hutan ini seperti, curah hujan, penguapan, dan kesuburan tanah.

Hutan musim iklim tropis yang selau hijau merupakan hutan musim yang mengalami musim hujan dalam periode waktu yang lama. Dikatakan demikian sebab dengan musim hujan yang lebih lama tentu hutan ini akan mendapat curah hujan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan hutan musim tropis biasa dan menyebabkan tumbuhan dapat tumbuh subur dan selau hijau

Di bawah ini akan dijelaskan tentang hutan musim iklim tropis yang selalu hijau

Seperti yang telah disebutkan di atas,Hutan musim iklim tropis yang selau hijau artinya musim hujan yang melanda kawasan ini lebih lama dibandingkan musim kemarau. Sehingga hal ini menyebabkan curah hujan yang turun di hutan ini cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan hutan musim iklim tropis biasa.

Curah hujan yang turun di hutan ini setiap tahunnya adalah kurang dari 1500 mm/tahun. Dengan curah hujan yang tinggi ini tentu akan menyebabkan tumbuh-tumbuhan atau pohon-pohonan yang ada di hutan ini menjadi subur dan senatiasa hijau.

Selain itu, hutan musim tropis yang selau hijau juga biasanya spesies tumbuhannya relatih lebih banyak dan lebih rimbun jika dibandingkan dengan hutan musim tropis biasa. Lagi-lagi hal ini disebabkan karena curah hujan  yang turun di hutan ini lebih tinggi daripada hutan musim tropis biasa.

Di Indonesia, Hutan jenis ini tersebar di Timor, Pulau Sumbawa, dan Wetar. Di pulau Sumbawa hutan ini terletak pada ketinggian 800-1000 meter di atas permukaan laut. Sedangkan di pulau Timor dan Wetar hutan ini terdapat pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut dengan jenis tumbuhan dominan yaitu Ampupu (Eucalyptus).
Previous
Next Post »