Wilayah Persebaran serta Flora dan Fauna yang Hidup di Hutan Hujan Iklim Sedang




Wilayah persebaran hutan hujan iklim sedang

Hutan ini pada umumnya tersebar di belahan bumi utara yaitu Eropa, Asia bagian utara, Kanada, dan Alaska. Tetapi, hutan ini juga tersebar di sepanjang garis pantai Pasifik Amerika Utara yaitu mulai dari California sampai Washington. Di California hutan ini dikenal dengan sebutan redwood forest, sedangkan di wilayah Washington hutan ini dikenal dengan sebutan mixed coniferous rainforest.

Di kanada, hutan jenis ini begitu luas dan banyak, namun hutan ini sering ditebang sehingga menjadikan negara ini menjadi pengekspor kayu terbesar di dunia. Tetapi, seiring kesadaran masyarakat di sana hutan ini akhirnya sudah jarang ditebang bahkan hutan ini dijaga dan dilestarikan.

Selain itu, hutan hujan iklim sedang juga tersebar di bagian utara Iran, Chili bagian selatan, Victoria, dan Australia.

Hutan hujan iklim sedang Australia merupakan hutan tertinggi di dunia, tetapi jumlah jenisnya lebih sedikit daripada hutan hujan tropis.

Selain yang telah disebutkan di atas, di dunia ini juga terdapat hutan hujan iklim sedang yang hangat. Hutan jenis ini tersebar beberapa tempat di dunia Jepang bagian selatan, Korea, Afrika Selatan, Amerika Serikat bagian selatan yang berbatasan dengan pantai utara laut Karibia, serta Australia dan Selandia baru.

Dari segi geografis, hutan ini terletak di:

  1. Hutan ini dapat dijumpai di dataran tinggi zona ekuatorial dan tropis (semakin tinggi letak suatu tempat maka suhunya berkurang karena kelembapan bertambah)
  2. Terdapat di sepanjang perbatasan bagian timur kontinen serta pulau-pulau yang terdapat di kawasan antara lintang 25°-40°.
  3. Selain itu, ditemukan juga di wilayah bagian barat dari lintang 35°-55°.
Baca juga: Pengertian dan Ciri-ciri Hutan Hujan Iklim Sedang
                Wilayah Persebaran serta Fungsi dan Manfaat Hutan Hujan Tropis

Flora dan Fauna yang hidup di hutan hujan iklim sedang

Flora dan Fauna yang hidup di hutan ini tidak begitu banyak. Flora dan Fauna yang tahan dingin saja yang mampu hidup dan bertahan di hutan ini. Hal ini menyebabkan flora dan fauna harus beradaptasi terhadap suhu dan iklim di hutan ini.

Pada musim-musim tertentu flora dan fauna tersebut harus bertahan dengan segala kondisi yang terjadi misalnya, tumbuhan menggugurkan daun-daunnya pada musim dingin dan fauna berhibernasi selama musim dingin.

Berikut flora dan fauna yang hidup di hutan hujan iklim sedang.

Flora

Jenis flora yang hidup di hutan ini tidak begitu banyak. Jenis flora tersebut adalah berupa taiga yaitu hutan berdaun jarum seperti cemara, balsam, pinus, dan tusam. Selain itu, hutan jenis ini mempunyai tumbuhan penutup yang lebih rapat. Contohnya seperti palem kecil, belukar, bambu, pakis, dll.

Fauna

Seperti halnya tumbuhan jenis fauna yang hidup di hutan ini juga tidak begitu banyak. Hanya fauna yang tahan dingin saja yang mampu hidup di hutan ini. Pada dasarnya, fauna yang hidup di hutan ini mempunyai bulu yang tebal guna melindungi tubuh dari suhu udara yang dingin.

Fauna yang hidup di hutan ini antara lain beruang grizzly, serigala, kelinci, tikus salju, ular derik, beruang hitam, dan, berbagai jenis serangga serta hewan air seperti ikan salmon.Setiap tahun di hutan Kanada, ribuan ikan salmon berenang menuju hulu sungai untuk bertelur.
Previous
Next Post »